Senin, 02 Februari 2009

Raharja British Broadcasting

Jambore Pramuka se-Dunia

E-mail : www.pribadiraharja.com www.raharja.co.id www.raharja.ning.com www.mavibraharja.com www.timavib.com

British Broadcasting Corporation Lebih dari 40.000 pramuka dari seluruh dunia berkumpul di Jambore Pramuka Sedunia ke-21 yang berlangsung di Hylands Park, Chelmsford, Essex, Inggris timur.

Puluhan ribu pandu dari 151 negara itu saling bertemu dan berinteraksi dalam jambore yang bertema “Satu Dunia, Satu Janji”. Jambore ini dibuka oleh Pangeran William, putra tertua pewaris tahta Inggris, Pangeran Charles dan berlangsung dari tanggal 27 Juli hingga upacara penutupan pada tanggal 8 Agustus.

Jambore Pramuka Se-Dunia diadakan setiap empat tahun, acara tahun ini di Inggris sekaligus memperingati 100 tahun gerakan kepanduan yang didirikan oleh Sir Robert Baden-Powell di Inggris. Para pramuka antara usia 14 hingga 17 tahun melakukan sejumlah kegiatan bertemua kreatifitas, teknologi dan kebudayaan, di enam Desa Dunia tempat.

Beragam Kegiatan

Kontingen Indonesia membuka stand untuk menawarkan kepada para pengunjung untuk belajar membuat wayang kulit serta mencoba permainan tradisional Indonesia. Delegasi lain, seperti Azerbaijan, menampilkan tarian tradisional lengkap dengan kostum dan musik asli negara tersebut dan para pramuka Jepang mengenakan pakaian tradisional mereka.

Peserta juga bisa mengunjungi Desa Pembangunan Dunia, tempat sejumlah lokakarya yang menyelami tantangan yang dihadapi dunia saat ini. Wakil-wakil dari Indonesia mengajak para pramuka sedunia untuk ikut memikirkan jalan keluar guna mengatasi pemanasan global.

Mereka menayangkan film lingkungan, melakukan diskusi dan mengajak para pandu membuat kertas daur ulang. Pengunjung kemudian diminta menuliskan masukan mereka untuk mengatasi pemanasan global di kertas daur ulang yang mereka buat.

Kontingen Indonesia juga membuka tenda Bencana Alam yang dengan aktif meminta masukan daro para pramuka sedunia tentang cara mengatasi bencana seperti tsunami dan gempa bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar